Selasa, 17 April 2012

Jual Sari Lidah Buaya Pontianak

Si Lidah Buaya Pontianak 
 

Lidah Buaya Pontianak
Lahan gambut tempat tumbuhnya lidah buaya khas Pontianak. Foto: Ricky Martin/dok.bobo
Tanaman lidah buaya bisa tumbuh subur dan menjadi besar jika ditanam di lahan gambut. 


Di manakah kita bisa menemukan lahan gambut yang luas? Hmmm... ayoo coba tebak!
Salah satu lahan gambut yang luas adalah di Pontianak,Kalimantan Barat  Eh, kamu tahu tidak, apa sih lahan gambut itu?
Lahan gambut itu adalah lahan yang tanahnya terbentuk dari kumpulan sisa-sisa tumbuhan yang membusuk.
Di sinilah tanaman lidah buaya sangat cocok tumbuh. Dari sekitar 175 hektar kebun lidah buaya di Kalimantan Barat, 90 persennya berada di Kota Pontianak. Makanya, kota yang berlahan gambut ini dikenal sebagai penghasil tanaman lidah buaya super.
Lidah Buaya Pontianak
Pelepah Lidah Buaya yang punya banyak manfaat. Foto: Ricky Martin/dok. Bobo
Lidah Buaya Super
Lidah buaya yang dikembangbiakkan di Pontianak adalah dari jenis Aloevera chinensis . Lidah buaya jenis ini dapat terus dipanen sampai umur 12 hingga 13 tahun. Karena jenisnya bagus dan tanahnya yang mendukung, lidah buaya ini  berkembang menjadi lidah buaya super.
Disebut lidah buaya super karena setiap pelepahnya memiliki berat sekitar 0,8—1,2 kilogram. Berbeda dengan  lidah buaya Amerika dan Cina yang beratnya hanya 0,5 sampai 0,6 kilogram.
Setelah berumur 10 sampai 12 bulan, lidah buaya super dari Pontianak  dapat dipaneh setiap bulan. Keunggulan lidah buaya Pontianak sudah diakui dunia. Oleh karena itu, lidah buaya Pontianak banyak diekspor ke luar negeri.
Lidah Buaya Pontianak
Gel lidah buaya yang kaya nutrisi. Foto: Ricky Martin/dok. Bobo
Kaya Nutrisi
Di Amerika, Australia, dan Eropa, lidah buaya digunakan sebagai bahan obat-obatan dan makanan. Gel atau lendir lidah buaya mengandung mineral dan vitamin seperti vitamin A, B1, B2, B12, C, dan E.

Aloevera Center
Saking banyaknya manfaat dari tanaman ini, maka dibangunlah pusat penelitian lidah buaya di Pontianak.

Tempat itu disebut Aloevera Center . Di tempat ini,  lidah buaya diteliti, diolah, dan dikembangkan menjadi berbagai bentuk produk. 
Ternyata, lidah buaya dapat diolah menjadi dodol, kerupuk, dan minuman segar. Maka, jangan heran jika di Pontianak banyak  dijumpai penjual es lidah buaya.
Selain diolah menjadi makanan jadi, lidah buaya juga diolah menjadi tepung. Lidah buaya yang diolah menjadi tepung, konon, dapat membuat nutrisi yang dikandungnya tidak cepat rusak.
Potret Negeriku
Tepung lidah buaya ini banyak digunakan untuk bahan obat-obatan dan kosmetika. Kalau ke Pontianak, jangan lupa mengunjungi Aloevera Center, ya. (Joko/Potret Negeriku/Ervina/Kidnesia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar